PENGARUH PENGGUNAAN BROWN GAS (ELEKTROLISER) TERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4-LANGKAH DENGAN VARIASI KONSENTRASI KATALIS DAN SALURAN PENGHUBUNG ELEKTROLISER

0715021017, RIYAN ARIZONA (2012) PENGARUH PENGGUNAAN BROWN GAS (ELEKTROLISER) TERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4-LANGKAH DENGAN VARIASI KONSENTRASI KATALIS DAN SALURAN PENGHUBUNG ELEKTROLISER. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
0.Cover Luar.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK bhs Indonesia.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.ABSTRACT bhs Inggris.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. PENDAHULUAN.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4.TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img] File PDF
5. metodologi.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (230Kb)
[img]
Preview
File PDF
7. SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Hasil & Pembahasan.pdf

Download (236Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Teknologi untuk menghemat bahan bakar dengan pemanfaatan air sebagai bahan bakar alternatif suatu mesin (kendaraan) dapat dilakukan dengan elektrolisa dan injeksi. Salah satu energi alternatif yang banyak diteliti saat ini adalah brown gas. Brown gas adalah campuran gas hidrogen-hidrogen-oksigen (HHO) yang diperoleh dari hasil penguraian air. Agar pengaplikasian brown gas ini dapat meningkatkan prestasi mesin yang lebih maksimal, maka perlu dilakukan pengujian lanjutan tentang pengaruh penggunaan perangkat brown gas terhadap prestasi mesin diesel 4-langkah dengan menggunakan variasi konsentrasi katalis dan dimensi saluran penghubung antara elektroliser dan intake manifold. Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor diesel 1 silinder tipe RUBINFUJI DY23D di Laboratorium Motor Bakar dan Propulsi Teknik Mesin Universitas Lampung dengan beberapa parameter brown gas (elektroliser) diantaranya variasi putaran mesin 2000 rpm, 2250 rpm, 2500 rpm, 2750 rpm, 3000 rpm, 3250 rpm, dan 3500 rpm, konsentrasi KOH 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, dan 10 gram kemudian diperoleh konsentrasi KOH terbaik dilanjutkan dengan menggunakan variasi selang penghubung elektroliser ¼ inci, 5/16 inci, 3/8 inci, dan ½ inci. Setelah itu dibandingkan dengan prestasi mesin tanpa menggunakan perangkat brown gas. Dari hasil pengujian diperoleh Peningkatan daya engkol terbaik yaitu pada konsentrasi KOH 5 gram dengan ukuran selang penghubung ½ inci, putaran mesin 2000 rpm sebesar 0,0598 kW (3,775 %) dengan besar arus 5 ampere dan tegangan 12 volt, dan Persentase penurunan konsumsi bahan bakar spesifik engkol terbaik adalah pada konsentrasi KOH 5 gram dengan ukuran selang penghubung ¼ inci pada putaran mesin 3250 rpm sebesar 0,01564 kg/kWh (10,598 %) dengan besar arus 5 ampere dan tegangan 12 volt.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 30 Jul 2015 08:42
Terakhir diubah: 30 Jul 2015 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir