Moh Cahyonyo, 0915031059 (2015) RANCANG BANGUN PROTEKSI MESIN MOBIL TERHADAP PANAS (OVER HEATING) DAN PERINGATAN TERHADAP PERUBAHAN TEGANGAN UNTUK MENCEGAH KERUSAKAN AKI. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
[1a] Abstrak.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[1b] Abstract.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[2] Cover Dalam.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[3] Halaman Persetujuan.pdf Download (2856Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[4] Halaman Pengesahan.pdf Download (3315Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[5] Surat Pernyataan.pdf Download (2575Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[6] Riwayat Hidup.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[7] Motto.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[8] Persembahan.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[9] Sanwacana.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[10]Daftar Isi.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[11] Daftar gambar.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
[12] Daftar Tabel.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (592Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (270Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (488Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Detektor suhu dan tegangan pada sebuah mobil adalah hal yang wajib ada pada setiap mobil. Pada mobil-mobil lama (tahun pembuatan 2000 ke bawah) indikator tersebut hanya berupa jarum penunjuk dengan skala. Kekurangan penggunaan meter analog ini adalah kebanyakan pengendara kurang memperhatikan meter analog ini, kebanyakan baru menyadari setelah terjadi kejanggalan pada kondisi mesin. Apabila mobil mengalami suhu berlebih dan tidak ditangani secara cepat dapat menimbulkan over heating. Alat ini dapat membaca nilai suhu menggunakan sensor suhu LM35 dan mampu menjaga mesin selalu berada pada suhu optimalnya. Pada sistem ini dipasang pula sensor tegangan untuk membaca nilai tegangan baterai. Besarnya nilai suhu dan tegangan ditampilkan pada LCD 2x16. Sensor tegangan digunakan untuk membaca besaran nilai tegangan pada aki mobil. Sistem akan memberikan peringatan berupa suara buzzer ketika pembacaan nilai tegangan berada dibawah 11 volt dan berada diatas 14.5 volt. Sensor LM35 berfungsi melakukan pembacaan suhu pada cairan pendingin. Ketika suhu masih berada dibawah 870C maka sistem belum akan mengkatifkan kipas. Ketika suhu mencapai 870C, maka ada respon dari mikrokontroler untuk mengaktifkan relay sehingga mengaktifkan kipas tambahan (extra fan). Jika dengan hidupnya kipas tambahan belum mampu menurunkan suhu mesin dan suhu mesin terus menerus naik, maka pada suhu 900C akan terdapat peringatan bunyi dari buzzer yang mengindikasikan bahwa kendaraan berada dalam suhu panas yang tidak normal. Dan ketika suhu masih terus naik dan mencapai suhu 1000 C, maka sistem akan mematikan mesin secara paksa karena pada suhu mesin yang mencapai suhu over heating akan menyebabkan biaya perbaikan yang jauh lebih besar. Kata kunci : over heating, extra fan, LM35, buzzer, sensor tegangan Temperature and voltage detector in a car is a must exist in every car. In the old cars (year of manufacture under 2000) indicators are just a pointer with a scale. Disadvantages use analog meter is mostly driver pay less attention to this, most realize after the irregularities on the condition of the engine. If the car had an excess temperature and not treated quickly can lead to over heating. This tool can read the value of temperature using LM35 temperature sensor and is able to keep the engine always at the optimum temperature. In this system also installed a voltage sensor to read the battery voltage value. temperature and voltage value displayed on the LCD 2x16. Voltage sensors are used to read the value of the voltage of the car battery. The system will give a warning buzzer sounds when the reading value of the voltage is below 11 volts and is above 14.5 volts. LM35 sensor functions do temperature readings on coolant. When the temperature is below the 870C then the system will not activate the fan. When the temperature reaches 870C, then there is a response from the microcontroller to activate a relay that activates an extra fan. If the extra fan has not been able to lower the engine temperature and the engine temperature continue to rise up, then at a temperature of 900C there will be a warning sound of the buzzer which indicates that the vehicle is in an abnormal heat. And when the temperature continues to rise and reaches temperatures of 1000 C, the system will shut off the engine forcibly because the engine temperature reaches a temperature of over heating will cause the cost of repair is much greater. Keyword : over heating, extra fan, LM35, buzzer, voltage sensor
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir > Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro |
Pengguna Deposit: | 9806597 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 07:46 |
Terakhir diubah: | 05 Aug 2015 07:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11460 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |