PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO

DEDI FIRMANTO, 1113053025 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (324Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (409Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (301Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (286Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

abstrak indonesia ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO Oleh DEDI FIRMANTO Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen tipe quasi experiment (eksperimen semu) dengan pola the non equivalent control group disign (pretes-posttes yang tidak ekuivalen). Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan rancangan ini adalah 1) memilih dua kelompok subjek yang tidak ekuivalen, 2) laksanakan pretes pada kedua kelompok, 3) kenakan perlakuan pada kelompok eksperimen, 4) berikan posttes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, 5) cari beda mean kelompok eksperimen dan kontrol, antara posttes dan pretes, 6) gunakan statistik yang tepat untuk mencari perbedaan hasil. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thit = 0,0226 lebih besar dari ttabel = 0,0368 pada taraf signifikasi 5% dilambangkan thit < ttabel, sehingga untuk jawaban dari rumusan masalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo adalah berpengaruh, dilihat dari hasil perhitungan rata-rata yang menunjukan hasil thit < ttabel Kata kunci: pengaruh, hasil belajar, model kooperatif tipe TPS, IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 922476 . Digilib
Date Deposited: 06 Aug 2015 03:27
Terakhir diubah: 06 Aug 2015 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir