DEDI FIRMANTO, 1113053025 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (299Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (324Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (409Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (301Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (286Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42Kb) | Preview |
Abstrak
abstrak indonesia ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO Oleh DEDI FIRMANTO Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen tipe quasi experiment (eksperimen semu) dengan pola the non equivalent control group disign (pretes-posttes yang tidak ekuivalen). Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan rancangan ini adalah 1) memilih dua kelompok subjek yang tidak ekuivalen, 2) laksanakan pretes pada kedua kelompok, 3) kenakan perlakuan pada kelompok eksperimen, 4) berikan posttes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, 5) cari beda mean kelompok eksperimen dan kontrol, antara posttes dan pretes, 6) gunakan statistik yang tepat untuk mencari perbedaan hasil. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thit = 0,0226 lebih besar dari ttabel = 0,0368 pada taraf signifikasi 5% dilambangkan thit < ttabel, sehingga untuk jawaban dari rumusan masalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo adalah berpengaruh, dilihat dari hasil perhitungan rata-rata yang menunjukan hasil thit < ttabel Kata kunci: pengaruh, hasil belajar, model kooperatif tipe TPS, IPS.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 922476 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 03:27 |
Last Modified: | 06 Aug 2015 03:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |