PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO

DEDI FIRMANTO, 1113053025 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (324Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (409Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (301Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42Kb) | Preview

Abstrak

abstrak indonesia ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO Oleh DEDI FIRMANTO Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen tipe quasi experiment (eksperimen semu) dengan pola the non equivalent control group disign (pretes-posttes yang tidak ekuivalen). Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan rancangan ini adalah 1) memilih dua kelompok subjek yang tidak ekuivalen, 2) laksanakan pretes pada kedua kelompok, 3) kenakan perlakuan pada kelompok eksperimen, 4) berikan posttes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, 5) cari beda mean kelompok eksperimen dan kontrol, antara posttes dan pretes, 6) gunakan statistik yang tepat untuk mencari perbedaan hasil. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thit = 0,0226 lebih besar dari ttabel = 0,0368 pada taraf signifikasi 5% dilambangkan thit < ttabel, sehingga untuk jawaban dari rumusan masalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo adalah berpengaruh, dilihat dari hasil perhitungan rata-rata yang menunjukan hasil thit < ttabel Kata kunci: pengaruh, hasil belajar, model kooperatif tipe TPS, IPS.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 922476 . Digilib
Date Deposited: 06 Aug 2015 03:27
Last Modified: 06 Aug 2015 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

View Item View Item