PENGEMBANGAN SCIENCE IN BOX FLUIDA STATIS UNTUK PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP

Muhammad Anshory, 1113022034 (2015) PENGEMBANGAN SCIENCE IN BOX FLUIDA STATIS UNTUK PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HDUP.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (362Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (679Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198Kb) | Preview

Abstrak

abstrak indonesia ABSTRAK PENGEMBANGAN SCIENCE IN BOX FLUIDA STATIS UNTUK PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP Oleh Muhammad Anshory Hasil observasi menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah 1 Way Jepara Kabupaten Lampung Timur tidak melakukan praktikum (hands-on) pada pembelajaran IPA karena tidak tersedianya laboratorium dan peralatan yang menunjang, sehingga pembelajaran siswa kurang berkesan dan kurang memahami konsep. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan Science in Box Fluida Statis berupa kumpulan peralatan sederhana yang mudah ditemui dalam kehiduan sehari-hari lalu dikumpulkan dalam satu box untuk membelajarkan empat konsep fluida statis melalui praktikum langsung di kelas (labolatorium on classroom). Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari Sadiman, dkk yang meliputi tahapan: 1) Analisis kebutuhan, 2) Merumuskan tujuan pembelajaran, 3) Merumuskan butir-butir materi, 4) Menyusun instrumen evaluasi, 5) Menyusun naskah/draft media, 6) Produk Awal, 7) Validasi ahli, 8) Uji coba, dan 9) Produk akhir. Produk yang dikembangkan telah diuji oleh ahli kelayakan alat peraga mencakup kelayakan fisik dan kelayakan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan alat peraga menyatakan bahwa produk layak Muhammad Anshory digunakan sebagai alat praktikum konsep fluida statis. Uji coba dilakukan dengan dua tahapan yaitu uji satu lawan satu dan uji kelompok kecil. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat menarik (skor 3,27); mudah digunakan (skor 3,12); dan sangat bermanfaat (skor 3,55) serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran yaitu mencapai 84,21% siswa tuntas KKM. Kata kunci : fluida statis, pembelajaran IPA, pengembangan, science in box

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 7714405 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2015 07:23
Last Modified: 07 Aug 2015 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11535

Actions (login required)

View Item View Item