PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SDN 10 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813053041, mandasari adha (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SDN 10 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (231Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover new.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (466Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SDN 10 Metro Pusat. Siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 15 siswa (52%). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Alat pengumpulan data penelitian ini berupa lembar observasi dan alat tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Sedangkan alat tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Teknik analisis data penelitian ini dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (54), siklus II (64), dan siklus III (82). Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (44,58%), siklus II (61,08%), dan siklus III (80,78%). Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I 55,17, siklus II 75,86 dan siklus III 86,21.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:47
Last Modified: 14 Aug 2015 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item