EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Dwi Citra Pertiwi, 1113023015 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendekatan ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes siswa yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga. Pendekatan ilmiah terdiri dari 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengeksplorasi menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA1-XI MIA7 SMA YP Unila Tahun Pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 260 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol, dan XI MIA3 sebagai kelas eksperimen semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir luwes pada kelas kontrol sebesar 0,625 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,771. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji T-Test), hasil penelitian meningkat secara signifikan, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkat¬kan kemampuan berpikir luwes siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir luwes, pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 1512870 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2015 03:05
Last Modified: 11 Aug 2015 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11572

Actions (login required)

View Item View Item