UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PELAJARAN IPS KELAS IV SDN MUNJUK SAMPURNA KECAMATAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN TP. 2011/2012

1013079068, MULYANA INDAH (2012) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PELAJARAN IPS KELAS IV SDN MUNJUK SAMPURNA KECAMATAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN TP. 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (478Kb)
[img]
Preview
Text
SAMPUL DAN SEBAGAINYA.pdf

Download (202Kb) | Preview

Abstrak

Hasil observasi awal pembelajaran IPS dikelas IV SDN Munjuk Sempurna Kecamatan Kalianda, menunjukan aktivitas belajar rendah karena sangat cenderung menggunakan metode ceramah, tanya jawab, kurang interaksi siswa dengan guru, kurangnya fasilitas media pembelajaran sehingga siswa pasif dan hasil belajar rendah dengan nilai rata-rata 48,56 atau belum mencapai KKM yang ditetapkan 6,0. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar dengan menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dan sumber penilitiannya adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan, yang dibagi menjadi 4 kelompok, dilaksakan dengan 3 siklus. Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dan tes dan selanjutnya data tes dianalisis menggunakan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode diskusi pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Munjuk Sempurna Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari rata-rata siklus I sampai dengan III. Aktivitas siswa pada siklus I 64,73%, Siklis II 79,63% ,dan siklus III 92,04% . Peningkata aktivitas sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Pada siklus I 18,18% dengan nilai rata-rata 45,45 ,siklus II 68,18% dengan nilai rata-rata 60,45 ,dan siklus III 90,90% dengan nilai rata rata 70,00.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:44
Last Modified: 14 Aug 2015 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11577

Actions (login required)

View Item View Item