UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN KIT IPA DAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 JATIBARU TANJUNG BINTANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013079079, NGATMIN (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN KIT IPA DAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 JATIBARU TANJUNG BINTANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. HALAMAN JUDUL, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI (S.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (189Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan KIT IPA. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas/classroom Action Research sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri 4 tahap yaitu : Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan statistika deskriptif. Penggunaan KIT IPA realistik dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran khususnya menyelesaikan masalah melalui pendidikan IPA. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan penggunaan KIT IPA semakin meningkat hal ini terlihat dari data rata-rata per siklus, siklus I 73,99%, siklus II 77,99% dan siklus III 89,99%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan KIT IPA realistik dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah. Hal tersebut ditandai adanya peningkatan rata-rata hasil belajar IPA dari siklus I adalah 58,13, siklus II adalah 62,81 dan siklus III 73,75. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan KIT IPA dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta Penggunaan KIT IPA ini dapat digunakan sebagai salah satu pembelajaran IPA.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:47
Last Modified: 14 Aug 2015 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item View Item