UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV (EMPAT) SDN 3 TEGALSARI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013119091, SUSWATI (2012) UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV (EMPAT) SDN 3 TEGALSARI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (147Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (67Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 3 Tegalsari Kecamatan Gading Rejo. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya metode yang digunakan masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang berbentuk siklus. Siklus dibagi menjadi 4 tahap. Tiap-tiap siklus meliputi : tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas pembelajaran pada siklus I 55% kemudian pada siklus II menjadi 65% dan pada siklus III proses belajar siswa mencapai 85%. Demikian juga pada hasil belajar siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa 60%, pada siklus II meningkat menjadi 65 % dan pada akhir siklus III mencapai 80%.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:44
Terakhir diubah: 14 Aug 2015 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir