EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ATTRIBUTING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Abil Malik, 1113023001 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ATTRIBUTING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (220Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan attributing siswa pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 sampai dengan XI MIA 5 SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap Tahun 2014-2015 yang berjumlah 153 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Control Group Design. Pembelajaran dikatakan efektif apabila secara statistik kemampuan attributing siswa menunjukkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain kemampuan attributing siswa untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,41 dan 0,56. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji-t), disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan kemampuan attributing. Kata kunci: pendekatan saintifik, kemampuan attributing.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 3317852 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2015 08:55
Last Modified: 18 Aug 2015 08:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item