Dananjaya Ajie Pratama, 1112011091 (2015) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PADA PRAKTIK USAHA JASA LAYANAN TAMAN REKREASI. Fakultas Hukum, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (333Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (336Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (238Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (158Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK INDONESIA Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam dunia pariwisata dirasakan masih rendah. Konsumen hanya dijadikan sebagai objek bisnis pelaku usaha tanpa memperhatikan hak-hak yang dimiliki oleh konsumen, Di Indonesia, perlindungan konsumen diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang diharapkan dapat menjadi payung hukum untuk melindungi hak-hak yang dimiliki konsumen sehingga pelaku usaha dapat bertanggung jawab jika ada hak konsumen yang tidak dapat terpenuhi. Tindakan pelaku usaha untuk memenuhi hak konsumen dapat dilihat dari bagaimana pengawasan yang dilakukan penyelenggara jasa layanan taman rekreasi pada wahana yang terdapat dalam kawasan taman rekreasi tersebut, serta apakah upaya hukum yang dapat ditempuh konsumen jika terjadi hal-hal yang menimbulkan kerugian terhadap konsumen. Penelitian ini menggunakan metode normatif-empiris. Data primer diperoleh langsung dengan melakukan wawancara kepada narasumber yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Narasumber peneliti terdiri dari satu kepala bagian dari masing-masing perusahaan yaitu Tabek Indah dan Boemi Kedaton. Data sekunder bersumber dari bahan-bahan kepustakaan berupa buku-buku ilmu hukum, bahan kuliah, maupun literatur-literatur yang berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pihak Tabek Indah belum melakukan pengawasan secara baik karena masih ditemukan kelalaian yang menyebabkan korban tewas akibat kurangnya pengawasan pada wahana permainan serta masih banyak fasilitas yang kurang terawat. Sedangkan pada Boemi Kedaton pengawasan yang dilakukan sudah cukup baik karena adanya pemeriksaan rutin yang dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat merugikan Dananjaya Ajie Pratama konsumen. Konsumen dapat melakukan upaya hukum dengan cara mengajukan gugatan kepada pengadilan (litigasi) atau BPSK (nonlitigasi) apabila tidak terjadi kesepakatan dalam penyelesaian sengketa secara damai. Klaim asuransi yang diberikan oleh PT. Jasa Raharja Putera selaku mitra perusahaan asuransi dari Tabek Indah dan Boemi Kedaton merupakan dana santunan jika ada konsumen yang mengalami kecelakaan Kata Kunci : Perlindungan, Konsumen, Taman, Rekreasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > KZ Law of Nations |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | 626904 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 03:26 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2015 03:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11864 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |