PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015)

Rizki Afrizal Sandi , 1113024059 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1 - COVER DEPAN.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2 - ABSTRAK.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3 - COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4 - HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5 - HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6 - RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7 - PERSEMBAHAN.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8 - MOTO.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9 - PERNYATAAN.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10 - SANWACANA.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11 - DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12 - DAFTAR TABEL.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13 - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (255Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (402Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampelnya adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis dengan uji t dan uji U, sedangkan data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa, data aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model problem posing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model problem posing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibuktikan dengan pretest eksperimen = 37,50 ± 16,29; postest eksperimen = 79,79 ± 9,23; N-gain = 68,05 ± 11,50. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa terjadi pada indikator berpikir lancar (79.55) berkriteria “tinggi”; berpikir luwes (78.33) berkriteria “tinggi”; berpikir orisinal (53.87) berkriteria “sedang”; dan elaborasi (61.46) berkriteria “sedang”. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi pada indikator mengemukakan pendapat/ide (79,69) berkriteria “tinggi”; mencari informasi untuk memecahkan masalah (79,69) berkriteria “tinggi”; mengajukan pertanyaan (77,34) berkriteria “tinggi”; bekerja lebih cepat daripada anak-anak lain (75,78) berkriteria “tinggi”; dan melakukan lebih banyak daripada anak-anak lain (62,50) berkriteria “sedang”. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model problem posing berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 9339566 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2015 06:33
Terakhir diubah: 20 Aug 2015 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11916

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir