Rizki Afrizal Sandi , 1113024059 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1 - COVER DEPAN.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2 - ABSTRAK.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3 - COVER DALAM.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4 - HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5 - HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6 - RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7 - PERSEMBAHAN.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8 - MOTO.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9 - PERNYATAAN.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10 - SANWACANA.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11 - DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12 - DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13 - DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (255Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (402Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampelnya adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis dengan uji t dan uji U, sedangkan data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa, data aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model problem posing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model problem posing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibuktikan dengan pretest eksperimen = 37,50 ± 16,29; postest eksperimen = 79,79 ± 9,23; N-gain = 68,05 ± 11,50. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa terjadi pada indikator berpikir lancar (79.55) berkriteria “tinggi”; berpikir luwes (78.33) berkriteria “tinggi”; berpikir orisinal (53.87) berkriteria “sedang”; dan elaborasi (61.46) berkriteria “sedang”. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi pada indikator mengemukakan pendapat/ide (79,69) berkriteria “tinggi”; mencari informasi untuk memecahkan masalah (79,69) berkriteria “tinggi”; mengajukan pertanyaan (77,34) berkriteria “tinggi”; bekerja lebih cepat daripada anak-anak lain (75,78) berkriteria “tinggi”; dan melakukan lebih banyak daripada anak-anak lain (62,50) berkriteria “sedang”. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model problem posing berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 9339566 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 06:33 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2015 06:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11916 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |