PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI PADA MATERI POKOK FUNGI (Kuasi Eksperimen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013)

Sugiman, FERRY ARDIANTO (2013) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI PADA MATERI POKOK FUNGI (Kuasi Eksperimen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVERDALAM.pdf - Published Version

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (2697Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (1622Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 1.pdf - Published Version

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 2.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 3.pdf - Published Version

Download (211Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (696Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 5.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3391b) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (7Mb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievemen division (STAD) terhadap aktivitas dan penguasaan materi pada materi pokok fungi pada kelas X SMA N I Tulang Bawang Tengah. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest non equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji-u. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar brosur melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan materi siswa, ini terlihat pada kelas eksperimen rata-rata nilai N-gain sebesar 58,88 dan rata-rata nilai N-gain kelas kontrol sebesar 40,94. Aspek penguasaan materi yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada aspek aplikasi (C3) yaitu 0,88 sedangkan rata-rata aspek penguasaan materi terendah yaitu pada aspek menganalisis (C4) sebesar 0,53. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yaitu 80,77 % memiliki kriteria tinggi. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar brosur. Kata kunci : brosur, STAD, penguasaan materi, aktivitas siswa, fungi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 Jan 2014 05:24
Terakhir diubah: 08 Jan 2014 05:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir