UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BUATAN BAGI SISWA KELAS II SDN 2 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0913069030, ERYANA (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BUATAN BAGI SISWA KELAS II SDN 2 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (150Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI IBU ERYANA.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (374Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN 2 Tanjung Senang Bandar Lampung masih sangat rendah, belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang telah ditentukan yaitu 6,50. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih mengandalkan ceramah, bahkan jarang menggunakan alat peraga yang tersedia di sekolah. Sehingga siswa kurang berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memperbaiki pembelajaran sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui pembelajaran menggunakan alat peraga matematika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN 2 Tanjung Senang Bandar, menggunakan alat peraga matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Tanjung Senang Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berdaur ulang atau bersiklus, yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 23%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 59% dan pada siklus II sebesar 82%. Begitu juga dengan hasil belajar terdapat peningkatan sebesar 16,89. Pada siklus I diperoleh nilai rata- rata 60,81 dan nilai rata- rata pada siklus II sebesar 76,75.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:39
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir