1013069203, Suwarjiah (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KELAS VI SD NEGERI 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER Suwarjiyah.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI Suwarjiyah.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Suwarjiyah Bab1.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Suwarjiyah Bab2.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Suwarjiyah Bab3.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
File PDF
Suwarjiyah Bab4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (75Kb) |
||
|
File PDF
Suwarjiyah Bab5.pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi efektivitas model pembelajaran interaktif dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI pada pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Sukarame, Bandarlampung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan serta empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Pada akhir setiap siklus diadakan tes untuk mengukur pemahaman siswa terhadap pengetahuan yang sudah diterapkan dengan model pembelajaran interaktif dan mengetahui pencapaian ketuntasan siswa. Selain itu, pada penelitian ini juga diadakan penilaian terhadap aktivitas guru dan siswa untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran interaktif di kelas VI SDN 2 Sukarame mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus I dibandingkan sebelum tindakan, yaitu dengan rata-rata nilai siswa menjadi 68,60 dan ketuntasan 68,5%. Pada siklus II hasil rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan sehingga menjadi 70 dan ketuntasan mencapai 91,4%. Peningkatan aktivitas siswa juga meningkat, yaitu pada siklus I dengan jumlah rata-rata 40 dan pada siklus II menjadi 46,2. Aktivitas guru pada siklus I mencapai rata-rata 31,5, sedangkan pada siklus II mencapai 36. Berdasarkan hasil yang dicapai pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sukarame Bandar Lampung.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:40 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12247 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |