PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013109053, SRIYATI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1250Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Matematika, (2) meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Gedong Tataan kabupaten Pesawaran dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya pada siklus kedua jenis kegiatan yang dilaksanakan bersama guru mitra adalah memperbaiki rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, catatan lapangan dan kamera yang digunakan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan kinerja guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) peserta didik dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran make a match membuat peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, (2) hasil belajar Matematika peserta didik melalui model pembelajaran make a match menunjukkan kemajuan yang signifikan baik secara individu maupun secara kelompok yaitu secara keseluruhan peserta didik yang telah mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 20 orang atau sekitar 80%. Dengan demikian model pembelajaran make a match dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 03:59
Last Modified: 07 Sep 2015 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item View Item