0713053032, Heru Yuono (2012) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER Dll..pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (387Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (26Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IVA SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode inkuiri di kelas IVA SDN 8 Metro Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrument aktivitas siswa, lembar instrument kinerja guru, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa dari hasil tes. Sedangkan data kualitatif untuk data aktivitas pembelajaran dari aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran IPS kelas IV A SDN 8 Metro Timur berdampak pada peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 (57,71%) siklus 2 (67,42%) dan siklus 3 (73,93%). Begitu juga dengan rata-rata hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari (54,28%), pada siklus 1 menjadi (71,42%), pada siklus 2 dan (87,87%) pada siklus 3.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:02 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12290 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |