PENGARUH PENGEKSTRAK KOMPOS KEPALA UDANG DAN KONSENTRASI EKSTRAK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brassica rapa L)

0514031004, CHARLES FAJRIN (2012) PENGARUH PENGEKSTRAK KOMPOS KEPALA UDANG DAN KONSENTRASI EKSTRAK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brassica rapa L). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Provinsi Lampung memproduksi 40% dari total produksi udang nasional. Limbah dari pengolahan industri udang diperkirakan sebesar 60-70% dari berat udang yang berupa kulit dan kepala udang. Saat ini jarang sekali pengolahan limbah industri udang yang diaplikasikan dalam bidang pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak kompos kepala udang hasil ekstraksi dengan pengekstrak aquades, asam sitrat, dan asam asetat, serta konsentrasi aplikasinya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi (Brassica rapa L). Penelitian ini dilakukan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Lampung pada bulan Juli 2010 hingga Maret 2011 . Rancangan percobaan disusun secara kelompok (RAK) dan perlakuan faktorial 3x5 dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah jenis pengekstrak, yaitu aquades, asam sitrat, dan asam asetat. Faktor kedua adalah konsentrasi ekstrak kompos kepala udang, yaitu 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%. Data yang diperoleh diuji homogenitas dan aditivitas dengan uji Bartlett dan uji Tukey. Selanjutnya data diuji lanjut dengan uji beda nyata terkecil (BNT) pada taraf 5%, kemudian dilakukan uji respon polinomial. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian ekstrak kompos kepala udang dengan pengekstrak asam asetat memberikan pengaruh tertinggi yang dapat meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, bobot basah dan kering akar, serta bobot basah dan kering daun tanaman. Konsentrasi ekstrak kompos kepala udang 75% memberikan pengaruh tertinggi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi dibandingkan konsentrasi yang lebih rendah maupun tinggi. Pemberian ekstrak kompos kepala udang pengekstrak asam asetat yang diaplikasikan pada konsentrasi ekstrak 75% memberikan pengaruh tertinggi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi. Kata kunci : Limbah industri udang, ekstrak kompos kepala udang, jenis pengekstrak, konsentrasi ekstrak, tanaman sawi (Brassica rapa L).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:03
Terakhir diubah: 11 Sep 2015 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir