PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I SDN 06 TANJUNG AMAN KOTABUMI LAMPUNG UTARA

0813056707, MARTINI TABAH (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS I SDN 06 TANJUNG AMAN KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK OK.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (204Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V dan dapus.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (23Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya pembelajaran model tematik di kelas 1 SDN 06 Tanjung Aman Kotabumi Lampung Utara, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang peningkatan pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pada pembelajaran model tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, kualitatif dan kuantitatif data dari penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur yang digunakan terdiri dari 4 kegiatan pokok yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas I SD Negeri 06 Tanjung Aman. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 61,64% dengan kategori “Cukup” dan pada siklus II sebesar 78,88% dengan kategori “Baik”. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,24%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 37,93% dengan kategori dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 93,11%. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 55,18%. Berdasarkan hasil temuan di atas, disarankan kepada kelas rendah agar menggunakan penerapan model tematik IPA sebagai salah satu alternatif pembelajaran di sekolah kepada siswa kelas I SDN 06 Tanjung Aman kiranya dengan bimbingan guru dapat melatih diri secara aktif dalam proses pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:07
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12361

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir