USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IVA SD FRANSISKUS 2 RAWA LAUT BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0913069003, AGATA PUDJI HANDAJANI (2012) USAHA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IVA SD FRANSISKUS 2 RAWA LAUT BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK, PERNYATAAN.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (208Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR OBSERVASI ATAU PENGAMATAN GURU.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Lembar Pengesahan Ujian dan komisi Pembimbing.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP, PRAKATA.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SAMPUL DAN JUDUL.pdf

Download (32Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas metode jigsaw dalam rangka meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa dan melatih siswa untuk berpartisipasi dan berinteraksi secara aktif dalam proses pembelajaran baik antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan dapat meningkatkan prestasi belajar nya. Sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Dalam penelitian ini menggunakan metode jigsaw, yang terdiri dari tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan dan dengan tes/ulangan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa SD Fransiskus 2 Rawa Laut Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat pada hasil dari siklus yang satu ke siklus yang lainnya. Pada siklus pertama siswa yang tuntas baru 15 orang dari 26 orang siswa, ini berarti tingkat ketuntasan belajar siswa baru mencapai 58%, siklus kedua siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dari 26 orang siswa, ini berarti tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 81% dan siklus ketiga siswa yang tuntas sebanyak 24 orang dari 26 orang siswa, ini berarti tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 92% . Kata kunci : aktivitas, metode jigsaw, hasil belajar Yang bertanda tangan di bawah ini : PERNYATAAN Nama : Agata Pudji Handajani Nomor Pokok Mahasiswa : 0913069003 Jurusan/Program Studi : Ilmu Pendidikan/PGSD S-1 Dalam Jabatan Judul TA : Usaha Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas IVA SD Fransiskus 2 Rawa Laut Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 Menyatakan bahwa penelitian ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri, dan sepanjang pengetahuan saya tidak berisi materi yang telah dipublikasikan/ditulis oleh orang lain/telah dipergunakan/diterima sebagai pesyaratan penyelesaian studi pada universitas/institute lain.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:07
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir