1013079023, DWI YATI (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (102Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COPER PROPOSAL.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI baru.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
GAMBAR STRUKTUR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
JADWAL PENELITIAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Doc1siklus I.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENILAIAN AKTIVITAS SISWA.pdf Download (272Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACARA.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN KECAMATAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Surat Pernyataan.pdf Download (21Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri I Trimulyo tahun pelajaran 2011/2012 masih belum melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut, melalui penelitian tindakan kelas dengan metode sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri I Trimulyo, melalui implementasi metode sosiodrama. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan tahapan, 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) Observasi/evaluasi, dan 4) refleksi. Dalam penelitian ini terdiri dari III siklus, setiap siklus 2 x pertemuan. Data yang diambil meliputi nilai aktivitas belajar siswa menggunakan lembar Observasi, dan data hasil belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan lembar observasi kinerja guru. Hasil penelitian, (a) nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan hasil 59,33% (siklus I), 69,74% (siklus II), dan 78,33% (siklus III); (b) nilai rata-rata kinerja guru meningkat dengan hasil 62,5% (siklus I),75,84% (siklus II), dan 81,67% (siklus III); (c) nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM meningkat dengan hasil 50% (siklus I ), 66,66% (siklus II), dan 83,33% (siklus III). Artinya, pembelajaran PKn dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:40 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12415 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |