UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013079023, DWI YATI (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COPER PROPOSAL.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI baru.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
GAMBAR STRUKTUR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
JADWAL PENELITIAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Doc1siklus I.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENILAIAN AKTIVITAS SISWA.pdf

Download (272Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACARA.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN KECAMATAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (21Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri I Trimulyo tahun pelajaran 2011/2012 masih belum melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut, melalui penelitian tindakan kelas dengan metode sosiodrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri I Trimulyo, melalui implementasi metode sosiodrama. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan tahapan, 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) Observasi/evaluasi, dan 4) refleksi. Dalam penelitian ini terdiri dari III siklus, setiap siklus 2 x pertemuan. Data yang diambil meliputi nilai aktivitas belajar siswa menggunakan lembar Observasi, dan data hasil belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan lembar observasi kinerja guru. Hasil penelitian, (a) nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan hasil 59,33% (siklus I), 69,74% (siklus II), dan 78,33% (siklus III); (b) nilai rata-rata kinerja guru meningkat dengan hasil 62,5% (siklus I),75,84% (siklus II), dan 81,67% (siklus III); (c) nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM meningkat dengan hasil 50% (siklus I ), 66,66% (siklus II), dan 83,33% (siklus III). Artinya, pembelajaran PKn dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:40
Last Modified: 07 Sep 2015 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12415

Actions (login required)

View Item View Item