PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF Student Teams-Achievement Divisio (STAD) DENGAN Group Investigation (GI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG KONSERVASI MANGROVE DI DESA GEBANG KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN

0513024025, ENDRO SUCIPTO (2012) PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF Student Teams-Achievement Divisio (STAD) DENGAN Group Investigation (GI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG KONSERVASI MANGROVE DI DESA GEBANG KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Abstrak ii, iii.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dalam iv.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI new.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan vi.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan vii.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan v.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto ix.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan x.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat Hidup viii.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Sanwacana xi, xii.pdf

Download (24Kb) | Preview

Abstrak

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, maka peneliti tertarik meneliti keefektifan pembelajaran kooperatif. Menurut teori konstruktivisme, belajar adalah mengkonstruksi pengetahuan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Dengan demikian, kemampuan awal siswa diduga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti menerapkan dua model pembelajaran kooperatif yaitu tipe Student Team Achievment Division (STAD) dan Group Investigaton (GI) dan pada dua kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa tentang materi mangrove, serta untuk mengetahui kepedulian siswa dalam menjaga dan melestarikan tumbuhan mangrove. Teknik yang digunakan pada proses pembelajaran ini adalah teknik sampling, kemudian dilakuan pengolahan dan pengumpulan data untuk memperoleh data pengetahuan dan sikap siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan angket. Untuk menganalisis data dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan N-gain. Hasil perhitungan perbedaan rata-rata skor pretest dengan uji-t adalah diperoleh t hitung = 2,928 dan t tabel pada taraf nyata α = 0,05 dan derajat kebebasan = 58 diperoleh = 2,00. sehingga thitung = 2,928 > t tabel = 2,00 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari perhitungan perbedaan rata-rata skor postest dengan uji-t adalah diperoleh t hitung = 4,909 > t tabel = 2,00.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:42
Last Modified: 07 Sep 2015 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item