0543024020, JAKA WIJAYA (2011) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. Cover Luar.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Kover Dalam.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Sebelum Pengesahan.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Pengesahan.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Moto.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Sanwacana.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Daftar Isi.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Tabel.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Gambar.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK revisi.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II..pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
File PDF
bap4nti.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (157Kb) |
||
|
File PDF
BAB5.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan berpikir kritis (KBK) perlu dimiliki siwa dalam proses pembelajaran. Namun hasil observasi di SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung belum mendukung tercapainya KBK siswa, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBK siswa, salah satunya melalui penggunaan pendekatan keterampilan proses sains (KBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan keterampilan proses sains terhadap KBK siswa pada materi pokok Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas III A dan III B yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes lalu dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang dianalisis menggunakan indeks aktivitas siswa terhadap penerapan praktikum yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 57,34 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yaitu 18,86. Selain itu, rata-rata indikator KBK siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan 38,85% lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimenpun lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 79,2; kontrol = 71,1). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan keterampilan proses sains (KPS). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengunaan KPS berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:42 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12528 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |