PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

0543024020, JAKA WIJAYA (2011) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. Cover Luar.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Kover Dalam.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Sebelum Pengesahan.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Pengesahan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Persembahan.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Moto.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Sanwacana.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Isi.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Tabel.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Daftar Gambar.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK revisi.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II..pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] Text
bap4nti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157Kb)
[img]
Preview
Text
BAB5.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19Kb) | Preview

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis (KBK) perlu dimiliki siwa dalam proses pembelajaran. Namun hasil observasi di SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung belum mendukung tercapainya KBK siswa, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBK siswa, salah satunya melalui penggunaan pendekatan keterampilan proses sains (KBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan keterampilan proses sains terhadap KBK siswa pada materi pokok Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas III A dan III B yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes lalu dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang dianalisis menggunakan indeks aktivitas siswa terhadap penerapan praktikum yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 57,34 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yaitu 18,86. Selain itu, rata-rata indikator KBK siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan 38,85% lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimenpun lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 79,2; kontrol = 71,1). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan keterampilan proses sains (KPS). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengunaan KPS berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:42
Last Modified: 07 Sep 2015 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12528

Actions (login required)

View Item View Item