0743024031, I GEDE SULIWAN (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM pe.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK 26nov2012.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR pe.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN pe.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui pe.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (228Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN pe.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP pe.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab I baru.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (289Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
dapus jadi.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (466Kb) | Preview |
|
|
File PDF
L A M P I R A N 1-4.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung penguasaan materi oleh siswa masih rendah, hal ini disebabkan variasi dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara baik, maka aktivitas belajar siswa masih rendah sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk itu diperlukan variasi penggunaan model dan media dalam proses pembelajaran. Sebagai salah satu alternatif yaitu media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatife tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Virus. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas X4 dan kelas X5 SMA Negeri 15 Bandar Lampung yang dipilih i I Gede Suliwan dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest- posttest non equivalen. Data kuantitatif diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir yang dinalisis secara statistik menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, data tersebut dianalisis dengan menggunakan indeks aktivitas dan data angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari rata-rata nilai tes awal dan tes akhir yang diukur dengan N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 55,63 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 42,83. Peningkatan tertinggi yaitu pada indikator aspek pemahaman yang didukung oleh aktivitas belajar yaitu pada aspek bekerjasama dengan teman (90,7) dan indikator terendah yaitu pada aspek analisis. Selain itu peningkatan didukung oleh data angket kemenarikan media kartu bergambar (88,29%) menyatakan bahwa siswa senang, lebih mudah memahami, lebih aktif dan termotivasi dengan belajar menggunakan media kartu bergambar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung pada materi pokok Virus.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:15 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12609 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |