PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS

0743024031, I GEDE SULIWAN (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM pe.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK 26nov2012.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR pe.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN pe.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Menyetujui pe.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
motto.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN pe.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
persembahan.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP pe.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
sanwacana.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab I baru.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab II.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img] FIle PDF
bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (289Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Bab V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
dapus jadi.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab III.pdf

Download (466Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
L A M P I R A N 1-4.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak

Hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung penguasaan materi oleh siswa masih rendah, hal ini disebabkan variasi dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara baik, maka aktivitas belajar siswa masih rendah sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk itu diperlukan variasi penggunaan model dan media dalam proses pembelajaran. Sebagai salah satu alternatif yaitu media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatife tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Virus. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas X4 dan kelas X5 SMA Negeri 15 Bandar Lampung yang dipilih i I Gede Suliwan dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest- posttest non equivalen. Data kuantitatif diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir yang dinalisis secara statistik menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, data tersebut dianalisis dengan menggunakan indeks aktivitas dan data angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari rata-rata nilai tes awal dan tes akhir yang diukur dengan N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 55,63 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 42,83. Peningkatan tertinggi yaitu pada indikator aspek pemahaman yang didukung oleh aktivitas belajar yaitu pada aspek bekerjasama dengan teman (90,7) dan indikator terendah yaitu pada aspek analisis. Selain itu peningkatan didukung oleh data angket kemenarikan media kartu bergambar (88,29%) menyatakan bahwa siswa senang, lebih mudah memahami, lebih aktif dan termotivasi dengan belajar menggunakan media kartu bergambar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung pada materi pokok Virus.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:15
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir