Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Merencanakan Pada Materi Hidrolisis Garam

Pradiska Nawang Anggara, 1113023049 (2015) Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Merencanakan Pada Materi Hidrolisis Garam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. cover dalam.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Lembar persetujuan.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Pernyataan.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat hidup.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Persembahan.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. daftar isi.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. daftar tabel.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. daftar gambar.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (350Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (433Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (336Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar pustaka.pdf

Download (64Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan merencanakan siswa pada materi hidrolisis garam. Pendekatan saintifik ini terdiri dari 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control Group Design. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data nilai pretes dan postes kemampuan merencanakan siswa. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata n-Gain kemampuan merencanakan siswa pada kelas kontrol sebesar 0,508 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,683. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t, diperoleh t hitung sebesar 4,68 sedangkan t tabel sebesar 1,67. Kesimpulan penelitan ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan merencanakan pada materi hidrolisis garam pada tahap mengamati dan mencoba. Kata kunci: pendekatan saintifik, kemampuan merencanakan, hidrolisis garam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2418319 . Digilib
Date Deposited: 01 Sep 2015 07:28
Terakhir diubah: 01 Sep 2015 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir