Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Merencanakan Pada Materi Hidrolisis Garam

Pradiska Nawang Anggara, 1113023049 (2015) Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Merencanakan Pada Materi Hidrolisis Garam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. Abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. cover dalam.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar persetujuan.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Pernyataan.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Riwayat hidup.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Persembahan.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. MOTTO.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. SANWACANA.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. daftar isi.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. daftar tabel.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. daftar gambar.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (350Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (433Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (64Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan merencanakan siswa pada materi hidrolisis garam. Pendekatan saintifik ini terdiri dari 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control Group Design. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data nilai pretes dan postes kemampuan merencanakan siswa. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata n-Gain kemampuan merencanakan siswa pada kelas kontrol sebesar 0,508 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,683. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t, diperoleh t hitung sebesar 4,68 sedangkan t tabel sebesar 1,67. Kesimpulan penelitan ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan merencanakan pada materi hidrolisis garam pada tahap mengamati dan mencoba. Kata kunci: pendekatan saintifik, kemampuan merencanakan, hidrolisis garam

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 2418319 . Digilib
Date Deposited: 01 Sep 2015 07:28
Last Modified: 01 Sep 2015 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

View Item View Item