0813024054, WAHYU SRI SUKARSIH (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERANAN MANUSIA DALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1 Cover.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2 Abstrak.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3 Cover Dalam.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4 Halaman Persetujuan.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5 Halaman Pengesahan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6 Riwayat Hidup.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7 Persembahan.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8 Motto.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9 Pernyataan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10 Sanwacana.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (114Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
asil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Pagar Dewa, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, akibatnya kurang merangsang aktivitas dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran TAI. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5 dan X6 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran TAI yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada aspek bertanya bernilai sebesar 87,5 %, aspek menjawab pertanyaan sebesar 90,28 %, dan aspek mengemukakan ide/pendapat sebesar 84,72 %. Penguasaan konsep juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 45, nilai postes sebesar 67 dan N-gain sebesar 0,39. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran tipe TAI. Data angket menunjukkan bahwa semua siswa (100%) merasa senang dan tertarik dengan model pembelajaran tipe TAI. Sebanyak (91,67%) siswa berpendapat bahwa model pembelajaran tipe TAI menjadikan siswa lebih aktif dalam diskusi kelas dan kelompok. Semua siswa (100%) berpendapat bahwa model pembelajaran tipe TAI membuat siswa menjadi lebih mudah untuk memahami materi tersebut sehingga siswa lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal setelah belajar dengan model pembelajaran tipe TAI. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:13 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12640 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |