0813024056, YUDI TRISILA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. cover luar (i).pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak (ii).pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Hal Persetujuan.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Hal Pengesahan.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup new.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Pernyataan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (163Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah akibatnya kurang merangsang aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada aspek bertanya bernilai sebesar 84.48 %, aspek menjawab pertanyaan sebesar 94,83 %, dan aspek mengemukakan ide/pendapat sebesar 90,80 %. Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 43,2, nilai postes sebesar 72,3 dan N-gain sebesar 0,50. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Data angket menunjukkan bahwa semua siswa (100%) merasa senang dan tertarik dengan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Sebanyak (93,10%) siswa berpendapat bahwa model pembelajaran tipe examples non examples menjadikan siswa lebih aktif dalam diskusi kelas dan kelompok. Semua siswa (100%) berpendapat bahwa model pembelajaran tipe examples non examples membuat siswa menjadi lebih mudah untuk memahami materi tersebut sehingga siswa lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal setelah belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:13 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12642 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |