MEI TRIANI, 1113024042 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNTIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA (Studi Eksperimen Semu pada materi Ekosistem Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Seputih Banyak Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (610Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains siswa pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 Seputih Banyak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas X 3 dan X 7 SMA Negeri 1 Seputih Banyak yang ditentukan secara acak yakni dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa data hasil observasi keterampilan generik sains (KGS) siswa dan data angket tanggapan terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains (KGS) siswa yang dibuktikan dengan data hasil belajar kognitif siswa, hasil pretes dan postes memperoleh nilai rata-rata N-gain = 66,70 ± 17,59. Sedangkan untuk KGS memperoleh nilai rata-rata N-gain = 67,83 ± 16,16. Masing-masing indikator hasil belajar kognitif yaitu C2,C3, dan C4 mengalami peningkatan secara signifikan. Pada masing-masing indikator keterampilan generik sains (KGS) juga mengalami peningkatan, namun tidak semua indikator meningkat dengan berbeda secara signifikan. Indikator KGS yang meningkat secara signifikan yaitu pada indikator pengamatan langsung, bahasa simbolik, dan membangun konsep, sedangkan hukum sebab akibat mengalami peningkatan tidak berbeda signifikan. Berdasarkan hasil angket tanggapan, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan generik sains (KGS) siswa pada materi pokok Ekosistem. Kata kunci : Ekosistem, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Generik Sains, Ranah Kognitif
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 472239 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 07:44 |
Terakhir diubah: | 10 Sep 2015 07:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12662 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |