PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNTIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA (Studi Eksperimen Semu pada materi Ekosistem Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Seputih Banyak Tahun Pelajaran 2014/2015)

MEI TRIANI, 1113024042 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNTIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA (Studi Eksperimen Semu pada materi Ekosistem Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Seputih Banyak Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DEPAN.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (610Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains siswa pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 Seputih Banyak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas X 3 dan X 7 SMA Negeri 1 Seputih Banyak yang ditentukan secara acak yakni dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa data hasil observasi keterampilan generik sains (KGS) siswa dan data angket tanggapan terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains (KGS) siswa yang dibuktikan dengan data hasil belajar kognitif siswa, hasil pretes dan postes memperoleh nilai rata-rata N-gain = 66,70 ± 17,59. Sedangkan untuk KGS memperoleh nilai rata-rata N-gain = 67,83 ± 16,16. Masing-masing indikator hasil belajar kognitif yaitu C2,C3, dan C4 mengalami peningkatan secara signifikan. Pada masing-masing indikator keterampilan generik sains (KGS) juga mengalami peningkatan, namun tidak semua indikator meningkat dengan berbeda secara signifikan. Indikator KGS yang meningkat secara signifikan yaitu pada indikator pengamatan langsung, bahasa simbolik, dan membangun konsep, sedangkan hukum sebab akibat mengalami peningkatan tidak berbeda signifikan. Berdasarkan hasil angket tanggapan, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan generik sains (KGS) siswa pada materi pokok Ekosistem. Kata kunci : Ekosistem, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Generik Sains, Ranah Kognitif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 472239 . Digilib
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:44
Terakhir diubah: 10 Sep 2015 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir