FADHILAH KHAIRANI, 1113024017 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII SMP Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. Cover Luar.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Persetujuan.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Pengesahan.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Moto.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Pernyataan.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (504Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (573Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara oleh peneliti di SMP Perintis 2 Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa belum dikembangkan secara optimal, karena guru menggunakan model pembelajaran yang tidak memfasilitasi siswa untuk aktif mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Desain penelitian adalah pretest-posttest non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan Uji U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL yang diperoleh dari angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model PBL dilihat dari rata-rata N-gain pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 47,22 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 33,91. Rata-rata peningkatan aktivitas belajar siswa pada semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Aktivitas pada aspek merumuskan masalah, memberi argumen, melakukan induksi, deduksi, dan evaluasi berkriteria “tinggi”. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL (±90%). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning, berpikir kritis, aktivitas belajar, dan pengelolaan lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 567045 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 07:26 |
Terakhir diubah: | 10 Sep 2015 07:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12665 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |