PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH (Kuasi Eksperimen pada Siswa SMAN 16 Bandar Lampung Kelas XI Tahun Pelajaran 2014/2015)

Vifty Octanarlia N, 1113024069 (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH (Kuasi Eksperimen pada Siswa SMAN 16 Bandar Lampung Kelas XI Tahun Pelajaran 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. PERSETUJUAN.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. PENGESAHAAN.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTO.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (380Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian yang dilakukan di SMAN 16 Bandar Lampung untuk kelas XI IPA tahun pelajaran 2014/2015 ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretest-posttest non equivalent. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif pada penelitian ini berupa data keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai N-gain yang didapatkan dari nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan Uji t dan U pada taraf kepercayaan 5% sedangkan data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang didapat dari observasi aktivitas belajar siswa serta tanggapan siswa terhadap penggunaan model Discovery Learning yang didapat melalui angket yang keduanya kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi (45,63) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (29,36). Hasil analisis rata-rata nilai N-gain per indikator soal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol juga berbeda signifikan. Pada kelas eksperimen indikator A (42,22), B (45,00) dan C (48,88) sementara kelas kontrol dengan N-gain pada indikator A (22,50), B (24,44), C (29,16). Hasil observasi aktivitas belajara siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa dua dari enam aspek yang diamati memperoleh kriteria “sedang”, yaitu menanggapi pertanyaan (64%) dan mengajukan pertanyaan (70%) sedangkan empat aspek lainnya terdiri atas mencari informasi yang sesuai (80%), bekerja sama dalam berkelompok (80%), memberikan alasan (77%), serta memberikan kesimpulan (80%) berkriteria “tinggi”. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif yang diakui oleh siswa melalui angket, bahwa hampir seluruh siswa dapat memformulasikan kriteria jawaban yang mungkin (89,65%), terampil dalam memberikan alasan yang sesuai (82,75%), dapat menyimpulkan permasalahan (72,41%), mampu menemukan konsep (96,55%), lebih mudah dalam memahami materi (75,86%), mampu bekerjasama (86,20%), serta tertarik mempelajari materi yang berkaitan dengan sistem pertahanan tubuh (96,55%). Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: discovery learning, keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 1527415 . Digilib
Date Deposited: 09 Sep 2015 07:50
Terakhir diubah: 09 Sep 2015 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12797

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir