FITRI NURYANAH, 1113024020 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 14 Bandar Lampung T.P 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (265Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (449Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X4 dan X6 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan U pada taraf kepercayaan 5% melalui bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model PBL yang diperoleh melalui lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil aktivitas belajar siswa rata-rata dari semua aspek yang diamati berkriteria tinggi (78%). Pada aspek Kemampuan mengajukan pertanyaan (58%); mengumpulkan data (87%); mempresentasikan hasil diskusi (75%); dan menyampaikan pendapat (90%). Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai postes (65); N-gain (45). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain (0,4) pada indikator C2 dan (0,6) pada indikator C4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, pencemaran lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 5669662 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 08:06 |
Terakhir diubah: | 15 Sep 2015 08:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12846 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |