MANDIYAH ROHAYATI, 1013079058 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI I TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK .pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COPER DEPAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (221Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri I Trimulyo tahun ajaran 2014/2015 masih belum melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut, melalui penelitian tindakan kelas dengan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri I Trimulyo, melalui implementasi metode demonstrasi. Penelitian dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan: perencanaan, tindakan, Observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus 2 x pertemuan. Data yang diambil meliputi nilai aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi, dan data hasil belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan lembar observasi kinerja guru. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 2,3% (siklus I pert 1), 2,6% (siklus I pert 2), 3,4% (siklus II pert 1) dan 3,7% (siklus II pert 2); Nilai rata-rata kinerja guru meningkat sebesar 1,95% (siklus I pert 1),2,75% (siklus I pert 2), 2,95% (siklus II pert 1), dan 3,30% (siklus II pert 2); Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM meningkat sebesar 45% (siklus I pert 1), 60% (siklus I pert 2), 80% (siklus II pert 1) dan 95% (siklus II pert 2). Artinya, pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode demonstrasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2245804 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 06:32 |
Terakhir diubah: | 18 Sep 2015 06:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12867 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |