MANDIYAH ROHAYATI, 1013079058 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI I TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
COPER DEPAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (221Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri I Trimulyo tahun ajaran 2014/2015 masih belum melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut, melalui penelitian tindakan kelas dengan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri I Trimulyo, melalui implementasi metode demonstrasi. Penelitian dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan: perencanaan, tindakan, Observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus 2 x pertemuan. Data yang diambil meliputi nilai aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi, dan data hasil belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan lembar observasi kinerja guru. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 2,3% (siklus I pert 1), 2,6% (siklus I pert 2), 3,4% (siklus II pert 1) dan 3,7% (siklus II pert 2); Nilai rata-rata kinerja guru meningkat sebesar 1,95% (siklus I pert 1),2,75% (siklus I pert 2), 2,95% (siklus II pert 1), dan 3,30% (siklus II pert 2); Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM meningkat sebesar 45% (siklus I pert 1), 60% (siklus I pert 2), 80% (siklus II pert 1) dan 95% (siklus II pert 2). Artinya, pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode demonstrasi
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 2245804 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 06:32 |
Last Modified: | 18 Sep 2015 06:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12867 |
Actions (login required)
View Item |