PENGARUH GENDER TERHADAP POLA ADOPSI INTERNET OLEH SISWA SLTA DI BANDARLAMPUNG (Studi pada Siswa MAN 1 Bandarlampung, MAS Al-Hikmah, dan MAS Al- Asy’ariyah Panjang) Oleh

0316031040, RADIANSYAH PENGARUH GENDER TERHADAP POLA ADOPSI INTERNET OLEH SISWA SLTA DI BANDARLAMPUNG (Studi pada Siswa MAN 1 Bandarlampung, MAS Al-Hikmah, dan MAS Al- Asy’ariyah Panjang) Oleh. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR BAGAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Sampul.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO Radiansyah.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.radian.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (489Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (30Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH GENDER TERHADAP POLA ADOPSI INTERNET OLEH SISWA SLTA DI BANDARLAMPUNG (Studi pada Siswa MAN 1 Bandarlampung, MAS Al-Hikmah, dan MAS Al- Asy’ariyah Panjang) Oleh RADIANSYAH Perbedaan fasilitas antara sekolah Madrasah Aliyah negeri dan swasta ini menunjukkan adanya kesenjangan digital dikarenakan punya dan tidak punya akses Internet. Kesenjangan digital juga mungkin terjadi antara siswa laki-laki dengan perempuan. Fathul Wahid (2007) menemukan bahwa ada perbedaan adopsi Internet antara laki-laki dan perempuan. Perempuan lebih rendah dalam mengakses internet. Perempuan ditengarai mempunyai persepsi yang berbeda terhadap Internet sehingga pengadopsian internetnya berbeda dari laki-laki. Riset ini bertujuan untuk menggambarkan pola adopsi internet oleh siswa Madrasah aliyah di Bandarlampung, menemukan pola adopsi internet oleh siswa madrasah aliyah disebabkan oleh koneksitas internet sekolahnya, menyingkap perbedaan pola adopsi internet antara siswa laki-laki dengan siswi perempuan, menyingkap perbedaan penerimaan pengguna terhadap kemudahan penggunaan Internet (PEOU) antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, menyingkap perbedaan penerimaan pengguna terhadap manfaat Internet (PU) antara siswa perempuan dan siswa laki-laki,menyingkap Perbedaan sikap penggunaan terhadap Internet (ATU) antara siswa perempuan dan siswa laki-laki, dan menyingkap perbedaan minat menggunakan Internet (BI) antara siswa perempuan dan siswa laki-laki. Dalam Penelitian ini digunakan 5 konstruk utama TAM dengan menambahkan gender sebagai variabel eksternal, yaitu penerimaan pengguna terhadap manfaat internet (Perceived Usefulness /PU), penerimaan pengguna terhadap kemudahan penggunaan internet (Perceived Ease of Use / PEOU) , sikap terhadap penggunaan Internet (Attitude toward behavior), minat menggunakan internet (Behavioral Intention), penggunaan internet sesungguhnya (Actual System Usage) serta variabel tambahan, gender (Eksternal Variabel ) Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari 3 Madrasah Aliyah Negeri dan swasta di Bandarlampung yaitu MAN 1 Bandar Lampung, MAS Al-Hikmah, dan MAS Al- Asy'ariyah Panjang. Sampel melibatkan siswa responden sebanyak 194 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. tipe penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Persepsi manfaat internet/PU berpengaruh signifikan terhadap variabel Pola adopsi Internet/BI sebesar 11% Kekuatan hubungan antara dua variabel tersebut (R) sebesar 0,332 termasuk kategori lemah. Kemudian variabel Minat mengunakan Internet/BI berpengaruh terhadap variabel Pola Adopsi Internet/ACSU sebesar 25%. Kekuatan hubungan tersebut (R) sebesar 0,500 maka hubungan antara dua variabel tersebut termasuk kategori moderat atau sedang. Dua variabel tersebut yaitu Variabel PU dan Variabel BI memiliki pengaruh langsung terhadap variabel Pola adopsi Internet/ACSU. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan Pengaruh variabel PEOU terhadap PU sebesar 41,1%.Variabel Sikap penggunaan Internet / ATU berpengaruh terhadap variabel Minat Menggunakan Internet/ BI sebesar 46,6%. Persepsi manfaat internet /PU berpengaruh terhadap variabel Minat menggunakan Internet/ BI sebesar 25,5%. Adanya pengaruh antar variabel sebagaiamana dijelaskan dalam teori TAM sejalan dengan hasil penelitian ini. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Uji signifikansi korelasi point biserial dapat diketahui bahwa variabel gender tidak berkorelasi dengan Variabel pola adopsi Internet, nilai t hitung sebesar. t hitung (-1,393) < t tabel (1,972). Dengan demikain tidak ada pengaruh yang signifikan antara gender terhadap pola adopsi internet. Hal ini dapat dijelaskan bahwa berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata tingkat adopsi internet antara siswa perempuan dan laki-laki menunjukkan tidak ada perbedaaan yang signifikan, selisih rata-rata total nilai variabel pola adposi internet antara keduanya hanya 1,88 sehingga dianggap tidak signifikan atau tidak ada perbedaaan. Hasil penelitian ini juga menujukkan tidak adanya perbedaan penerimaan pengguna terhadap manfaaat internet/ PU antara siswa perempuan dan laki-laki. Namun demikian ditemukan perbedaan antara siswa perempuan dan siswa laki-laki dalam hal penerimaan terhadap kemudahan penggunaan/ PEOU di kalangan iswa laki-laki lebih tinggi dari siswa perempuan. Kemudian, sikap terhadap penggunaan Internet di kalangan siswa lakilaki juga lebih tinggi dari siswa perempuan. Selanjutnya, Minat menggunakan Internet di kalangan siswa laki-laki lebih tinggi dari siswa perempuan. . Kata kunci : Adopsi internet, TAM (technology acceptance model), gender, siswa madrasah aliyah THE GENDER INFLUENCE FOR INTERNET ADOPTION PATTERN BY STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL AT BANDARLAMPUNG ( Study at Students of MAN 1 Bandarlampung, MAS Al-Hikmah, and MAS Al- Asy'ariyah Panjang) By RADIANSYAH Difference of facility among private and state schools of Madrasah Aliyah in Bandarlampung show the existence of digital divide because of have and have not access internet. Digital divide also possible happen between men students and women. Fathul Wahid( 2007) found that, there was difference of Internet adoption between women and men. Woman are lower in accessing internet than men. Women have different perception about internet, so the internet adoption different from man. This research aim is : (1) to describe internet adoption pattern students of Madrasah Aliyah in Bandarlampung. (2) Later, to find difference internet adoption pattern by students of Madrasah Aliyah caused by internet connectivity in schools. (3) It’s also find difference internet adoption pattern by women student and men student of Madrasah Aliyah.(4) Then this research aim is to open difference perceived ease of use (PEOU) between women student and men student. (5) Later, to open difference perceived usefulness (PU) between women student and men student (6)The extend aim of this research is to open the difference attitude towards behavior to use Internet ( ATU) between women student and men student. (7) This reseach aim also is to describe difference behavior intention to use internet (BI) between women student and men student. This research uses 5 major construct of TAM by adding gender as eksternal variable, Perceived Usefulness / PU, Perceived Ease of Use / PEOU, Attitude Toward behavior / ATU, Behavioral Intention / BI, Actual System Usage, and also additional variable gender ( External Variable ). Population in this research are student from 3 Madrasah Aliyah state and private school in Bandarlampung. Those are MAN 1 Bandarlampung, MAS Al-Hikmah, and MAS Al- Asy'Ariyah Panjang. The sample of this research were 194 students, taken by using cluster random sampling. Results of research indicates that variable Perceived Usefulness/ PU has a significant effect to behavioral intention variable / BI equal to 11% Strengths between two variables ( R) equal to 0,332 including weak category. Later; variable of behavioral intention / BI has an effect on to Internet adoption pattern / ACSU equal to 25%. Strength of that link ( R) equal to 0,500. Two variables are Variable of PU and Variable of BI has direct influence toInternet adoption pattern / ACSU. It is in line with result of former research which has been done. The influence of variable of PEOU to PU equal to 41,1%. Variabel ATU has an effect on to variable BI equal to 46,6%. Perceived usefulness / PU has an effect on to Behavioral Intention/ BI equal to 25,5%. Existence of influence between variables of explained in theory of TAM is in line with result of this research. Based on the result of calculation by use test of Significance coeffisient correlation point biserial , it can be seen that variable of gender does not correlation with Internet adoption pattern variable, assess Tcount as big as (- 1,393) < Ttable (1,972). So the result there is no significant influence between gender to internet adopt pattern. It can be explained that based on the results of calculation of test difference of storey;level mean internet adoption between women student and men show there is no significant differences. Total mean difference of pattern variable value of internet adoption among both genders only 1,88 is so that assumed do not significant or there is no differences. Difference of Internte adoption pattern happened among schooltaht has facility of internet connection (MAN 1 Bandarlampung) and school which does not have Internet connection ( MA Al-Asyariyah Panjang). By using test comparison of total value mean of storey level students internet adoption of MAN 1 Bandarlampung and student of MA Al-Asyariyah Panjang can be seen that there is significant difference. Average value at Internet adoption pattern variable of students of MAN 1 Bandarlampung is higher than students of MA Al-Asyariyah Panjang. The results shows that there is no different between perceived usefulness / PU between women student and men. But it is founded the different between women and men in the case perceived ease of use/PEOU in men student is higher than women student. Then, Attitude toward using/ATU in men students is higher than women. Furthermore behavioral intention to use Internet /BI in men is higher than women student. Keyword : Internet Adoption, TAM ( Technology Acceptance Model), gender, students of madrasah aliyah

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Depositing User: UPT . TIK2
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:11
Last Modified: 22 Oct 2015 09:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item