PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IXSMP NEGERI 20 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0513041049, Yuni Arika (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IXSMP NEGERI 20 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2796Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI YUNI ARIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743Kb)

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2009/2010. Media yang digunakan yakni media gambar tunggal. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandarlampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 272 siswa yang tersebar dalam 7 kelas. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik ini digunakan bilamana populasi tidak terdiri atas individu-individu, melainkan terdiri atas kelompok-kelompok individu atau cluster. Sampel penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas IX A sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran mengarang dengan menggunakan media sumber belajar lingkungan dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran mengarang dengan menggunakan media gambar. Data kemampuan menulis karangan deskripsi diambil melalui tes menulis. Tes ini berupa tugas menulis karangan deskripsi berdasarkan media yang disediakan dengan waktu ± 80 menit. Hasil penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas eksperimen dilihat dari rata-rata skor pretest 66,8% tergolong cukup dan post test 74,8% tergolong cukup. Sehingga, kedua tes tersebut diperoleh selisih skor 8%. Selanjutnya, pada peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas kontrol dilihat dari rata-rata skor pretest 64,2% tergolong cukup dan post test 67,7% tergolong cukup. Sehinggga, kedua tes tersebut diperoleh selisih skor 3,5%. Kemampuan menulis karangan deskripsi pada tes awal di kelas eksperimen dan kontrol memeroleh selisih skor yaitu 2,6% dari rata-rata skor antara kelas eksperimen yaitu 66,8% dan kelas kontrol yaitu 64,2%. Selanjutnya, kemampuan menulis karangan deskripsi pada tes akhir di kelas eksperimen dan kontrol memeroleh selisih skor yaitu 7,1% dari rata-rata skor antara kelas eksperimen yaitu 74,8% dan kelas kontrol yaitu 67,7%. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai t hitung = 2,38 dan t tabel = 2,64. Harga t hitung sebesar 2,38 lebih kecil daripada t tabel 2,64. Dengan demikian, H a ditolak dan H 0 diterima. Jadi, hipotesis konseptual yang diajukan -rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan media gambar lebih besar pengaruhnya daripada skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan media sumber belajar kebenarannya. Karena t hitung lebih kecil daripada t (1-0,01) (n 1 + n 2 -2). Sesuai dengan kriteriannya dengan taraf kepercayaan 99% (a=0,01), H 0 ditolak jika t hitung lebih besar daripada t (1-0,09) (n 1+ 2). Dalam hal selain itu, H a diterima.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:35
Last Modified: 22 Oct 2015 09:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item