PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM

0543023036, DWI YULYANI (2010) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover 2.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover AWAL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
da-pus.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lmbar Pengesahan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN neeww.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMP Negeri 22 Bandar Lampung diketahui bahwa nilai rata-rata tes formatif siswa pada materi asam, basa, dan garam masih rendah yaitu 48% yang memperoleh nilai 68. Hal tersebut disebabkan karena aktivitas siswa masih rendah dalam proses pembelajaran. Siswa juga jarang melakukan praktikum, sehingga siswa kurang terlatih untuk melakukan keterampilan proses sains. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan proses sains pada materi asam, basa, dan garam adalah dengan penggunaan metode eksperimen berbasis lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbasis lingkungan pada materi asam, basa, dan garam dalam meningkatkan aktivitas on task dan keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi asam, basa, dan garam dengan metode eksperimen berbasis lingkungan dapat meningkatkan (1) tiap jenis aktivitas on task dari siklus I ke siklus II, yaitu aktif dalam diskusi kelompok sebesesar 32,8%; bertanya kepada guru: 25%; memberi pendapat: 26,6%; dan menjawab pertanyaan dari guru: 26,5%, (2) tiap jenis keterampilan proses sains siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu indikator mengklasifikasikan sebesar 3,8%; indikator menyimpulkan: 14,4%; indikator mengkomunikasikan: 7,5% ; dan indikator observasi sebesar 23,92%, bila dilaksanakan dengan cara melatihkan keterampilan proses sains pada siswa melalui praktikum dan penggunaan LKS selama proses pembelajaran.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:36
Last Modified: 22 Oct 2015 09:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item View Item