PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON

0613023005, ILA ZAKHIYA AMALINA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.COVER IN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4.MENYETUJUI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. PENGESAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAPUS.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7.PERSEMBAHAN.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8.MOTTO.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9.SANWACANA.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10.DAFTAR ISI.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149Kb)
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pada konsep hidrokarbon kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008-2009 adalah 60. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas X yang ditentukan adalah 100% siswa mendapat nilai 61, pada kenyataannya hanya 60% siswa mendapat nilai 61. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep hidrokarbon adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task siswa; (2) penguasaan konsep siswa dari siklus ke siklus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa yang diperoleh dari lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai penguasaan konsep hidrokarbon yang diperoleh melalui tes formatif. Ila Zakhiya Amalina Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkatan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus I ke siklus II yaitu (a) berdiskusi aktif dalam kelompok sebesar 19,17%; (b) mengisi LKS sebesar 19,23%; (c) bertanya pada guru sebesar 8,97%; dan (d) membuat kesimpulan sebesar 5,68%; peningkatan dari siklus II ke siklus III yaitu (a) berdiskusi aktif dalam kelompok sebesar 15,54%; (b) mengisi LKS sebesar 8,80%; (c) bertanya pada guru sebesar 4,63%; dan (d) membuat kesimpulan sebesar 4,36%. (2) penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 6,61%, sedangkan dari siklus II ke siklus II sebesar 7,33%.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:37
Last Modified: 22 Oct 2015 09:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13276

Actions (login required)

View Item View Item