PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS IV SD NEGERI 01 DAYA ASRI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

0613053010, Arum Sulastri (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS IV SD NEGERI 01 DAYA ASRI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK & HALAMAN.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (70Kb) | Preview

Abstrak

Nilai keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri Kabupaten Tulang Bawang Barat belum mencapai hasil yang maksimal. Berdasarkan observasi diketahui bahwa siswa yang mendapatkan nilai 63 hanya mencapai 40%. Hal ini disebabkan aktivitas yang dilakukan pada saat pembelajaran menulis deskripsi dalam penggunaan media pembelajaran tidak maksimal. Upaya untuk meningkatkan aktivitas keterampilan menulis siswa yaitu salah satunya menggunakan media gambar berseri. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan penelitian tindakan kelas. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi. dan refleksi. Data kegiatan tersebut dikumpulkan melalui lembar observasi, hasil tes pada setiap akhir siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I rata-rata aktivitas siswa (51%), siklus II (70%) dan siklus III (81%). Peningkatan rata-rata aktivitas siklus I ke siklus II (19%) dan siklus II ke siklus III (11%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus I (65%), siklus II (69%) dan siklus III (73%). Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II (4%) dan siklus II ke siklus III (4%). Pada siklus I kinerja guru belum maksimal dalam penguasaan kelas, dengan rata-rata aktivitas (46,5%). Pada siklus II kinerja guru meningkat yaitu dapat membimbing dan menguasai kelas (55%) dan siklus III (61%). Kinerja guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II (8,5%) dan siklus II ke siklus III (6%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Bedasarkan hasil temuan, disarankan pada guru bidang studi bahasa Indonesia hendaknya menerapkan media gambar berseri dalam pembelajaran. Kepada siswa untuk senantiasa membudayakan belajar dan menulis.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:39
Last Modified: 22 Oct 2015 09:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item