0813052003, CEMPAKA PURI (2013) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN PADA TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT PADA SISWA KELAS IX SMP SATYA DHARMA SUDJANA GUNUNG MADU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRA~1.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYA~1.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWAC~1.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV New.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (494Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kedisiplinan siswa pada tata tertib sekolah kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah Positive Reinforcement dapat meningkatkan disiplin pada tata tertib sekolah pada siswa kelas IX di SMP Satya Dharma Sudjana Gunung Madu tahun ajaran 2012/2013?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan disiplin siswa pada tata tertib sekolah dengan penggunaan Positive Reinforcemen pada siswa kelas IX di SMP Satya Dharma Sudjana Gunung Madu tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain eksperimen one group pretest-posttest dengan subjek sebanyak enam siswa kelas IX yang memiliki disiplin kurang dalam tata tertib sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi partisipan dan wawancara sebagai pendukungnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap tata tertib peraturan sekolah dengan penggunaan teknik positive reinforcement pada siswa kelas IX SMP Satya Dharma Sudjana Gunung Madu Tahun ajaran 2012/2013. hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji beda Wilcoxon, hasil pretest dan posttest yang diperoleh nilai p = 0,026; p<0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya positif reinforcement dapat meningkatkan disiplin pada siswa kelas IX SMP. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan positive reinforcement dapat meningkatkan disiplin pada tata tertib peraturan sekolah pada siswa kelas IX SMP Satya Dharma Sudjana Gunung Madu Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada siswa, hendaknya meminta bantuan guru BK untuk meningkatkan disiplin, sehingga dalam menjalankan kegiatan sehari-hari di sekolah siswa tidak mengalami suatu hambatan. (2) kepada guru, supaya dapat memberikan informasi kepada siswa mengenai pentingnya kedisiplinan serta ikut berperan aktif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, (3) Hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama yaitu Cempaka Puri disiplin, namun lebih mengkhususkan lagi ke treatment untuk merubah guru sebagai faktor pendukung atau penghambat disiplin siswa. Kata kunci: Disiplin Siswa, Teknik Positive Reinforcement
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:42 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13417 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |