MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SUNGAI LANGKA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1013109048, Sarinah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SUNGAI LANGKA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HAL_DEPAN(srn).pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ptk BAB I.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ptk BAB II.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ptk BAB III.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img] File PDF
ptk BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (85Kb)
[img]
Preview
File PDF
ptk BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan apabila pendekatan atau model pembelajaran yang digunakan guru tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 70,80 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,80. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I hanya 60%, meningkat pada siklus II menjadi 85%. Kata kunci: Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:44
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir