PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI TEKNIK PELATIHAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI I PAGELARANTAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013116004, Endang Sri Suswarini (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI TEKNIK PELATIHAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI I PAGELARANTAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat masih rendah atau belum memcapai KKM yang ditentukan, yaitu 65,00. Berdasarkan masalah tersebut di atas, penelitian bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran kemampuan mengungkapkan pendapat melalui teknik pelatihan siswa kelas VIII SMP Negeri I Pagelaran Tahun Pelajaran 2011/2013, dengan subyek penelitian 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran mengungkapkan pendapat dengan menerapkan teknik pelatihan digunakan pada siklus satu dan siklus dua. Aspek yang diamati pada setiap siklus, adalah aktivitas siswa dan guru serta proses pembelajaran mengungkapkan pendapat melalui teknik pelatihan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus satu nilai rata-rata 69,07 siswa yang tuntas 19 orang dengan persentase 62,50% dan siswa yang belum tuntas 21 orang dengan persentase 37,50%. Pada siklus dua nilai rata-rata 77,22 siswa yang tuntas 32 orang dengan persentase 80.00% dan siswa yang tidak tuntas 8 orang dengan persentase 20.00%. Dari kedua siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus dua adalah 17,50 %, dan peningkatan siswa yang memcapai KKM 13 siswa. Berdasarkan hasil penelitian teknik pelatihan dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Pagelaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:44
Last Modified: 22 Oct 2015 09:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item