PENOKOHAN DAN ALUR DALAM NASKAH DRAMA DAPUR KARYA FITRI YANI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

0513041021, DYAN FATHMA DEWI S (2012) PENOKOHAN DAN ALUR DALAM NASKAH DRAMA DAPUR KARYA FITRI YANI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Digital LIbrary.

[img]
Preview
Text
1. COVER & HALAMAN JUDUL.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II DAN BAB III.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381Kb)
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penokohan dan alur merupakan bagian terpenting dalam sebuah drama. Hal tersebut dipandang penting karena penokohan dan alur merupakan substansi yang membangun dialog dalam drama. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penokohan dan alur dalam naskah drama Dapur karya Fitri Yani dan menentukan layak atau tidak naskah drama tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil yang ditemukan tokoh-tokoh pada naskah drama drama Dapur, yaitu Udin, Romlah, Mak, Bapak, Pak RT dan Nurlela. Tokoh Udin berperan lion (pembawa ide), tokoh Romlah dan tokoh Nurlela berperan moon (penolong lion), tokoh Mak berperan mars (penentang lion) dan tokoh Bapak berperan scale. Udin, Romlah, Pak RT dan Nurlela berwatak datar (memiliki watak tertentu) sedangkan Mak dan bapak berwatak bulat (watak dan tingkah laku bermacam-macam). Alur yang digunakan, yaitu alur kronologis meliputi Naskah drama Dapur karya Fitri Yani layak dijadikan bahan ajar sastra siswa SMA. Hal ini dikarenakan naskah drama Dapur karya Fitri Yani memenuhi ketiga kriteria aspek kelayakan antara lain; pertama, aspek kurikulum yaitu naskah drama Dapur karya Fitri Yani relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK/ KD) yang ditetapkan khususnya pemahaman unsur intrinsik drama; kedua, aspek kesastraan yaitu naskah drama Dapur karya Fitri Yani relevan dengan aspek kebahasaan yang meliputi aspek psikologi dan latar belakang budaya; ketiga, aspek pendidikan karakter yaitu naskah drama Dapur karya Fitri Yani relevan untuk dijadikan inspriasi dan menstimulus para siswa agar memiliki perilaku yang baik dan memiliki mental kepribadian yang baik melalui ciri-ciri tokohnya meskipun ada sifat tokoh yang tidak pantas untuk ditiru. Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMA pada kelas XII (dua belas) semester kedua, terdapat Standar Kompetensi Mendengarkan (memahami pembacaan teks drama) dengan Kompetensi Dasar 13.1, yaitu mengidentifikasi unsur- unsur intrinsik teks drama yang didengarkan melalui pembacaan. Indikator yang harus dicapai adalah menemukan unsur- unsur intrinsik teks drama yang didengan melalui pembacaan dan mendiskusikan unsur- unsur instrinsik teks drama yang didengar. Berkaitan dengan hal tersebut maka naskah drama Dapur karya Fitri Yani dapat dijadikan bahan belajar siswa mengidentifikasi unsurunsur drama seperti yang tercantum di dalam silabus.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:45
Last Modified: 22 Oct 2015 09:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item