PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN POKOK BAHASAN DAUR AIR KELAS V SD NEGERI 1 GISTING ATAS

1012137025, MUJAYIN (2012) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN POKOK BAHASAN DAUR AIR KELAS V SD NEGERI 1 GISTING ATAS. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (196Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar pengeahaan.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (98Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri 1 Gisting Atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gisting Atas.Metode yang dipilih peneliti Tindakan Kelas (PTK) tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pengamatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siklus I mencapai tingkat 52%, pada siklus II aktivitas belajar mencapai 76 % dan pada siklus III aktivitas belajar mencapai 96 %. Sedangkan hasil belajar siklus I mencapai rata-rata 62,4 hasil belajar pada siklus II mencapai rata-rata 70 dan untuk hasil belajar pada Siklus IIIrata-ratanya meningkat menjadi 77,5. Hal ini berarti aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus satu ke siklus berikutnya. Pada siklus I ke siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 24% dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 20% sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II rata-ratanya mengalami peningkatan sebesar 7,6 dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 7,5. Kata Kunci: Metode eksperimen, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:53
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13583

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir