UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PADA SISWA KELAS VI SDN 2 SUMUR PUTRI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2012/2013

1013069144, SUNARTI (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PADA SISWA KELAS VI SDN 2 SUMUR PUTRI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAFTAR TABEL.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahaan.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERYATAAN.pdf

Download (56Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Berdasarkan penilaian yang dilakukan di SDN 2 sumur Putri Bandar Lampung, bahwa pembelajaran Matematika di kelas VI terlihat masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, guru hanya menggunakan metode ceramah saja, guru jarang bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa. Dari 22 siswa hanya 40,90 persen siswa yang sudah aktif mengikuti pembelajaran dan selebihnya belum aktif,dan hanya 36,35 persen siswa yang mendapat nilai sama atau lebih dari KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Matematika dengan menggunakan media pembelajaran. Metode penelian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi selama tindakan dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran Matematika ternyata aktivitas siswa mengalami peningkatan hal ini terlihat dari adanya peningkatan dari prasiklus 59,90 persen meningkat menjadi 63,63 persen pada siklus I ke siklus II meningkat menjadi 76,81 persendan dari siklus II ke siklus III meningkat menjadi 82,72 persen. Kemampuan siswa juga mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dari pra siklus yang semula 36,35 persen meningkat menjadi 56,80 persen pada siklus I, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 59,08 persen, dan dari siklus II ke siklus III meningkat menjadi 72,71 persen. Kata Kunci : Aktivitas, prestasi, dan media pembelajaran

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:54
Last Modified: 22 Oct 2015 09:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item View Item